Sunday, May 27, 2007

MEMBANGUN KINERJA KARYAWAN MELALUI PERBAIKAN LINGKUNGAN KERJA

Lingkungan kerja
Lingkungan kerja menunjuk pada hal-hal yang berada di sekeliling dan melingkupi kerja karyawan di kantor. Kondisi lingkungan kerja lebih banyak tergantung dan diciptakan oleh pimpinan, sehingga suasana kerja yang tercipta tergantung pada pola yang diciptakan pimpinan. Lingkungan kerja dalam perusahaan, dapat berupa:
Struktur tugas
Desain pekerjaan
Pola kepemimpinan
Pola kerjasama
Ketersediaan sarana kerja
Imbalan (reward system)

Struktur tugas
Struktur tugas menunjuk pada bagaimana pembagian tugas dan wewenang itu dilaksanakan. Sehingga ada kejelasan tentang ’siapa bertanggung jawab apa’ serta keberadaan mekanisme pelaksanaan tugas dalam hal ”siapa bertanggung jawab kepada siapa. Struktur tugas harus jelas, dan mekanisme harus dijalankan. Jika tidak, bukan tidak mungkin seorang karyawan tidak dapat bekerja, jika mereka tidak tahu harus mengerjakan apa. Atau banyak orang yang mengendalikan atau memberi perintah langsung pada seorang karyawan, sehingga karyawan tidak tahu tugas mana yang harus diselesaikan. Akibatnya ia tidak dapat mengerjakan satupun. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban manajemen untuk menjamin, bahwa struktur tugas bagi setiap karyawan harus jelas, beserta mekanisme dan herarki pelaksanaan tugas dipatuhi. Dalam pekerjaan karyawan yang berbentuk kelompok, maka susunan dan uraian tugas harus jelas, berikut penjadwalan waktunya.

Desain pekerjaan
Desain pekerjaan menggambarkan kompleksitas dan tingkat kesulitan suatu tugas yang dikerjakan seorang karyawan. Jika seorang karyawan merasa bahwa tugas itu terlampau sulit dan harus melibatkan banyak fihak, maka dipastikan bahwa seorang karyawan akan dapat menyelesaikannya. Sehingga manajemen harus dapat menjamin bahwa tugas yang diberikan, dapat diselesaikan. Untuk mengupayakannya biasanya sebuah tugas disertai petunjuk teknis atau manual pelaksanaan, disamping disediakan kesempatan untuk karyawan berkonsultasi serta dilakukan pemantauan/pengendalian. Hal-hal tersebut memungkinkan karyawan dapat menyelesaikan tugasnya.

Pola Kepemimpinan
Pola Kepemimpinan mencerminkan model kepemimpinan yang diterapkan dalam mengelola karyawan. Ada sekelompok pemimpin menerapkan praktek kepemimpinan yang berorientasi pada penyelesaian tugas (task oriented). Pada golongan pemimpin ini, aspek-aspek individual karyawan kurang mendapat perhatian. Pola ini menekankan, apapun yang dilakukan karyawan dan bagaimanapun kondisi yang terjadi pada karyawan tidak menjadi masalah. Asalkan tugas-tugas dapat diselesaikan. Pola-pola kepemimpiman demikian dapat berpengaruh pada penciptaan lingkungan kerja yang kurang baik bagi karyawan. Akibatnya ada perasaan tertekan pada karyawan. Lingkungan kerja yang tercipta penuh ketakutan mengarah ke frustasi. Jika ini berlangsung lama, maka yang terjadi adalah tingkat absensi karyawan tinggi, permintaan pindah antar unit kerja, bahkan puncaknya adalah permintaan keluar dari perusahaan dan pindah ke perusahaan yang lain.

Pada sekelompok pemimpin lainnya menerapkan pola kepemimpinan yang berorientasi pada manusia (human oriented). Pemimpin memusatkan perhatiannya pada kegiatan dan masalah kemanusiaan yang dihadapi, baik bagi dirinya maupun bagi karyawan. Kepemimpinan pada golongan ini lebih populis dibanding pola yang terdahulu, karena dipandang memperhatikan masalah-masalah riil yang dihadapi karyawan. Dari masalah anak sakit sampai dengan kondisi keluarga. Dari masalah stamina sampai dengan nonton bola. Akibatnya, lingkungan kerja dapat mengarah pada budaya gosip, tetapi mengesampingkan penyelesaian tugas dan standar kinerja.
Pada pola yang ekstrim, kedua orientasi kepemimpinan di atas tidak ada yang efektif mengelola karyawan. Dengan kemampuan meramu dan menggabungkan keduanya, dalam banyak hal terbukti lebih efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi peningkatan kinerja karyawan.

14 comments:

  1. Mana faktor lingkungan kerja lainnya, pak? Bapak kan baru menulis 3 faktor. Trims

    ReplyDelete
  2. apakah faktor lingkungan fisik n non fisik termasuk dalam faktor lingkungan kerja?

    ReplyDelete
  3. [...] POLA KEPEMIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA: Respon untuk Febby Pola kepemimpinan memainkan peranan penting, dalam meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana tidak? Karena sesungguhnya seluruh faktor eksternal yang dapat meningkatkan kinerja individual karyawan itu datang dari penampilan dan pola kepemimpinan, seperti pernah saya bahas dalam “Membangun kinerja karyawan melalui perbaikan lingkungan kerja” [...]

    ReplyDelete
  4. pak, pengukuran lingkungan kerja dilihat dari non fisik dan fisik, apa saja pak?

    ReplyDelete
  5. Tantri terimakasih. Lingkungan kerja dalam organisasi/perusahaan, dapat berupa: Struktur tugas, Desain pekerjaan, Pola kepemimpinan, Pola kerjasama, Ketersediaan sarana kerja dan Imbalan (reward system). Kalau anda ingin melihatnya secara fisik dan non fisik maka masing-masing variabel tersebut diidentifikasi. Pembahasan pada artikel di atas, lebih banyak melihatnya secara non fisik.
    Sebagai contoh, Struktur tugas menunjuk pada bagaimana pembagian tugas dan wewenang itu dilaksanakan. Secara fisik apakah dalam perusahaan itu telah memiliki: struktur organisasi, daftar karyawan, uraian tugas masing-masing karyawan, penilaian pelaksanaan tugas karyawan, pembagian tim dll.

    ReplyDelete
  6. Pak,,saya mau tanya apa saja bentuk-bentuk motivasi kerja yang dapat diberikan seorang pimpinan pada karyawannya untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan dan prestasi perusahaan??? terimakasih.

    ReplyDelete
  7. MELVA, terimakasih. Ada beberapa bahasan mengenai motivasi di sini. Salah satunya anda dapat membaca artikel di http://cokroaminoto.wordpress.com/category/referensi/page/3/
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. sejauh mana lingkungan kerja berdampak pada kejenuhan kerja? terima kasih

    ReplyDelete
  9. Hani, terimakasih. Lihat respon saya untuk anda di topik terbaru. http://cokroaminoto.wordpress.com/2008/08/14/kepuasan-kerja-respon-untuk-hani/
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Bapak, saya hendak menyusun tesis dengan tema "Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan". Mungkin bapak ada masukan untuk referensi buku mengenai Lingkungan Kerja. Karena saya membaca blog anda cukup menarik namun kurang lengkap. Saya ingin tau lebih dalam mengenai topik ini.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  11. kenapa sumber dari artikel diatas tidak disertakan pak?terima kasih

    ReplyDelete
  12. Noe, terimakasih. Dalam buku teks aslinya anda bisa baca
    Managing for Performance: An Introduction to the Process of Managing
    Oleh John M. Ivancevich, James H. Donnelly, James L. Gibson
    Edition: 2, revised
    Diterbitkan oleh Business Publications, 1983
    ISBN 025602913X, 9780256029130
    647 halaman

    ReplyDelete
  13. pak,saya sekarang sedang megerjakan tugas akhir saya tentang lingkungan kerja...namun saya terkendala pada terbatasnya literatur yang ada..khususnya mengenai literatur yang secara jelas menyebutkan tentang faktor2 dari lingkungan kerja non fisik...mohon kiranya bapak dapat membantu saya...atas perhatian dan bantuan bapak,saya ucapkan terima kasih...

    ReplyDelete
  14. Agus Nurhadi, terimakasih. Dalam buku teks aslinya anda bisa baca konsep tersebut,
    Managing for Performance: An Introduction to the Process of Managing
    Oleh John M. Ivancevich, James H. Donnelly, James L. Gibson
    Edition: 2, revised
    Diterbitkan oleh Business Publications, 1983
    ISBN 025602913X, 9780256029130
    647 halaman

    ReplyDelete


Membangun kinerja karyawan atau organisasi, dapat dilakukan melalui evaluasi kelembagaan, analisis sistem, instrumentalisasi dan pelembagaan. Jika anda tertarik untuk melakukannya di instansi atau lembaga anda, dapat berdiskusi atau mengundang untuk membantu dalam: penelitian, pendampingan, ceramah dan konsultasi. Untuk berkomunikasi, anda dapat menuliskan pesan atau komentar, di bawah posting artikel. Terimakasih.





Peta Situs

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.