Dalam perusahaan atau organisasi manapun peran seorang manajer adalah sebagai “agent of change” yaitu merespon dari setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan. Dalam hal ini manajer dituntut harus siap berubah, sehingga menjadi pembaharu. Ketika konsep pembaharuan sudah di adopt, maka ia harus berusaha untuk menerapkannya. Dalam hal ini, manajer dituntut fungsinya sebagai administrator, yaitu mengorganisasikan seluruh sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Pada tahap inilah, seorang manajer harus berperan sebagai innovator, menemukan cara-cara baru yang paling menguntungkan bagi perusahaan, yang dapat mempersatukan seluruh komponen/sub sistem dalam perusahaan.
Ketrampilan manajer
Mengingat peran dan fungsinya seorang manajer dalam aspek producing, implementing, innovating dan system integrating maka ia harus dituntut memiliki ketrampilan manajerial. Paling tidak seorang manajer harus menguasai ketrampilan yang bersifat:
Ketrampilan konseptual
ketrampilan hubungan antar manusia
ketrampilan teknis
Besarnya komposisi dari ketiganya yang harus dimiliki, sangat tergantung pada tingkatan manajerial. Semakin tinggi level manajerialnya, maka semakin besar dibutuhkan ketrampilan konseptualnya dan semakin kecil dibutuhkan ketrampilan teknisnya. Sebagai ilustrasi silakan lihat

No comments:
Post a Comment