Sunday, May 27, 2007

KETRAMPILAN MANAJER: RESPON UNTUK KUNTO

Peran Manajerial
Dalam perusahaan atau organisasi manapun peran seorang manajer adalah sebagai “agent of change” yaitu merespon dari setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan. Dalam hal ini manajer dituntut harus siap berubah, sehingga menjadi pembaharu. Ketika konsep pembaharuan sudah di adopt, maka ia harus berusaha untuk menerapkannya. Dalam hal ini, manajer dituntut fungsinya sebagai administrator, yaitu mengorganisasikan seluruh sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Pada tahap inilah, seorang manajer harus berperan sebagai innovator, menemukan cara-cara baru yang paling menguntungkan bagi perusahaan, yang dapat mempersatukan seluruh komponen/sub sistem dalam perusahaan.

Ketrampilan manajer
Mengingat peran dan fungsinya seorang manajer dalam aspek producing, implementing, innovating dan system integrating maka ia harus dituntut memiliki ketrampilan manajerial. Paling tidak seorang manajer harus menguasai ketrampilan yang bersifat:
Ketrampilan konseptual
ketrampilan hubungan antar manusia
ketrampilan teknis

Besarnya komposisi dari ketiganya yang harus dimiliki, sangat tergantung pada tingkatan manajerial. Semakin tinggi level manajerialnya, maka semakin besar dibutuhkan ketrampilan konseptualnya dan semakin kecil dibutuhkan ketrampilan teknisnya. Sebagai ilustrasi silakan lihat Diagram ketrampilan manajer.

No comments:

Post a Comment


Membangun kinerja karyawan atau organisasi, dapat dilakukan melalui evaluasi kelembagaan, analisis sistem, instrumentalisasi dan pelembagaan. Jika anda tertarik untuk melakukannya di instansi atau lembaga anda, dapat berdiskusi atau mengundang untuk membantu dalam: penelitian, pendampingan, ceramah dan konsultasi. Untuk berkomunikasi, anda dapat menuliskan pesan atau komentar, di bawah posting artikel. Terimakasih.





Peta Situs

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.