Friday, October 19, 2007

Pengaruh Budaya Organisasi-Respon untuk Sunan

Terimakasih Sunan atas pertanyaannya. Saya mohon maaf, kalau respon untuk anda, agak terlewatkan. Menanggapi pertanyaan yang bikin anda bingung, bagaimana budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja? Budaya organisasi adalah cara bersikap menurut masing-masing organisasi seperti telah anda pahami. Budaya organisasi merupakan nilai atau norma yang ditetapkan atau dianut oleh organisasi. Dalam teori kinerja, khususnya kinerja individual karyawan dipengaruhi oleh tiga kelompok variabel utama, yaitu variabel motivasi, variabel individu dan variabel organisasi. Kedua variabel yang pertama, sudah banyak saya tulis di site ini. Sedangkan variabel organisasi adalah merupakan unsur-unsur yang sudah ada dalam organisasi, sebelum dan ketika seorang karyawan masuk dan bekerja dalam organisasi tersebut.

Karyawan sebagai individu ketika memasuki perusahaan akan membawa kemampuan, kepercayaan pribadi, pengharapan-pengharapan, kebutuhan dan pengalaman masa lalunya sebagai karakteristik individualnya. Oleh karena itu, maaf-maaf kalau kita mengamati karyawan baru di kantor. Ada yang terlampau aktif, maupun yang terlampau pasif. Hal ini dapat dimengerti karena karyawan baru biasanya masih membawa sifat-sifat karakteristik individualnya.

Selanjutnya karakteristik ini menurut Thoha (1983), akan berinteraksi dengan tatanan organisasi seperti: peraturan dan hirarki, nilai dan budaya organisasi, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab, sistem kompensasi dan sistem pengendalian. Hasil interaksi tersebut akan membentuk perilaku-perilaku tertentu individu dalam organisasi. Selengkapnya dapat anda lihat pada tulisan saya tentang perilaku organisasi Perilaku individu karyawan tersebut pada gilirannya akan mempengaruhi kinerjanya.

Budaya organisasi sebagaimana anda menggunakan konsep Robbin merupakan nilai inti/karakteristik budaya organisasi. Artinya sejauh mana organisasi menekankan/mengharuskan karyawan dalam aspek-aspek:
1. Inovasi dan keberanian mengambil resiko.
2. Perhatian terhadap detail.
3. Berorientasi pada hasil.
4. Orientasi orang.
5. Berorientasi tim
6. Keagresifan
7. Kemantapan

Dalam kerangka konsep kinerja, budaya organisasi akan mempengaruhi karyawan, sebagai bagian dari kelompok variabel utama yang berasal dari faktor organisasi. Meskipun, harus dibuktikan dengan penelitian, jika budaya organisasi tinggi akan menghasilkan kinerja karyawan yang tinggi. Karena harus diingat, masih ada faktor utama lain, sebagai variabel luarnya, yaitu faktor individu dan motivasi.

4 comments:

  1. Halo mas Cokro! i need ur help here.ada g teori (ato dalam bentuk gambar/ diagram) yang menjelaskan korelasi antara variabel (x1): motivasi kerja & (x2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan? kalo ada literatur yang mendukung,bagus juga.thx sebelumnya ya!

    ReplyDelete
  2. Cicka, terimakasih. Untuk ini anda bisa kunjungi: www.petra.ac.id/~puslit/journals/pdf.php?PublishedID=MAN05070102
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. saya ingin tahu pengaruh budaya dalam organisasi

    ReplyDelete
  4. Icha, terimakasih. Budaya organisasi akan mempengaruhi karyawan, sebagai bagian dari kelompok variabel utama yang berasal dari faktor organisasi. Meskipun, harus dibuktikan dengan penelitian, jika budaya organisasi tinggi apakah akan menghasilkan kinerja karyawan yang tinggi. Karena harus diingat, masih ada faktor utama lain, sebagai variabel luarnya, yaitu faktor individu dan motivasi.

    ReplyDelete


Membangun kinerja karyawan atau organisasi, dapat dilakukan melalui evaluasi kelembagaan, analisis sistem, instrumentalisasi dan pelembagaan. Jika anda tertarik untuk melakukannya di instansi atau lembaga anda, dapat berdiskusi atau mengundang untuk membantu dalam: penelitian, pendampingan, ceramah dan konsultasi. Untuk berkomunikasi, anda dapat menuliskan pesan atau komentar, di bawah posting artikel. Terimakasih.





Peta Situs

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.