Thursday, August 14, 2008

KEPUASAN KERJA: Respon untuk Hani

Kepuasan kerja staff merupakan faktor yang diyakini dapat mendorong dan mempengaruhi semangat kerja staff. Keberhasilan seorang staff dalam bekerja, akan secara langsung mempengaruhi prestasi kerjanya di kemudian hari. Faktor-faktor yang dapat menimbulkan kepuasan kerja staff, menurut Burt, meliputi: (1) Faktor Individual (umur, jenis kelamin dan sikap pribadi terhadap pekerjaan) (2) Faktor Hubungan Antar staff, yang di dalamnya termasuk: hubungan antara manajer dan staff, hubungan sosial diantara sesama, sugesti dari teman sekerja, faktor fisik dan kondisi tempat kerja, emosi dan situasi kerja. (3) Faktor Eksterna, meliputi: keadaan keluarga, rekreasi, pendidikan. Keberadaan faktor-faktor tersebut akan meningkatkan motivasi bagi staff untuk memperoleh tingkat kepuasan kerja.

Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan hal yang bersifat individual. Setiap individu staff memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan dan sistem nilai yang dianutnya. Semakin banyak aspek dalam pekerjaannya yang sesuai dengan keinginan dan sistem nilai yang dianut individu, semakin tinggi tingkat kepuasan yang didapat.

Peran Manajer

Dalam konteks meningkatkan kepuasan kerja, maka seorang manajer dituntut untuk memberikan suasana kerja yang baik dan menyenangkan, adanya jaminan/keselamatan kerja sehingga karyawan akan merasa terpuaskan.

Secara empirik, ada hubungan antara kepuasan kerja dengan produktivitas. Kepuasan kerja staff yang tinggi dapat membuat staff bekerja dengan lebih baik yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas.

Kepuasan kerja juga penting untuk aktualisasi diri. Staff dengan kepuasan kerja tinggi akan mencapai kematangan psikologis. Staff yang mendapatkan kepuasan kerja yang baik biasanya mempunyai catatan kehadiran, perputaran kerja dan prestasi kerja yang baik dibandingkan dengan staff yang tidak mendapatkan kepuasan kerja. Oleh karena itu kepuasan kerja memiliki arti yang sangat penting untuk memberikan situasi yang kondusif di lingkungan perusahaan.

11 comments:

  1. saya sangat menyukai artikel yg ditUlis di atas kalo blh saya tahu, saya ingn mendapatkan buku dr burt, blh saya tau nama, tahun dan penerbit tmsksh

    ReplyDelete
  2. Tia, terimakasih. Burt dan kawan-kawan banyak melakukan riset manajemen. Diantaranya Privacy at Work: Architectural Correlates of Job Satisfaction and Job Performance
    Eric Sundstrom, Robert E. Burt and Douglas Kamp
    The Academy of Management Journal, Vol. 23, No. 1 (Mar., 1980), pp. 101-117   (article consists of 17 pages)

    ReplyDelete
  3. Pa, saya sedang membuat penelitian dengan judul " Pengaruh penerapan Balace Scorecard terhadap kinerja karyawan". Menurut bapa, indikator apa saja yang dapat dibuat disana. Terima Kasih pa...

    ReplyDelete
  4. Eva, terimakasih. Yg prinsip, harus ada variable Balance Scorecard dan Kinerja.

    ReplyDelete
  5. terimakasih sebelumnya
    saya merasa sangat beruntung sekali bisa menemukan blog bapak
    saat ini saya sedang menyusun sebuah tulisan dengan judul
    analisis faktor-faktor yang mempengaruhi persiapan pokja administrasi dan manajemen dalam menghadapi akreditasi rumah sakit

    menurut bapak teori apa saja dan variabel apa saja mempengaruhi persiapan pelaksanaan akreditasi rumah sakit tersebut?

    atas respon dan jawabannya saya ucapkan terimakasih.......

    ReplyDelete
  6. Neni terimakasih. Anda bisa fokus pada sub sistem input, proses atau outputnya. Atau mau dikaji sistemnya, sejak dari input, proses maupun inputnya. Dari topik anda, misalnya akreditasi rumah sakit. Apa standart outputnya? Dari situlah kemudian diidentifikasi proses-proses yang diperlukan. Selanjutnya dibutuhkan sumberdaya apasaja sebagai inputnya.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum wr.wb

    Salam kenal, Blog bapak sangat informatif dan membantu saya yang sedang mengadakan penulisan di bidang produktivitas kerja.


    Produktivitas kerja (dalam perspektif organisasional) merupakan salah satu indikator untuk menilai kinerja organisasi. Berbagai upaya dilakukan oleh organisasi untuk mencapai tingkat produktivitas yang diinginkan. Dengan tercapainya produktivitas yang tinggi, maka diharapkan organisasi akan mampu mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam visi, misi, maupun program kerja organisasi yang bersangkutan. Produktivitas kerja secara umum berkaitan dengan input, proses, dan output dalam pelaksanaan suatu pekerjaan. Disini dikenal adanya istilah garbage in, garbage out yang artinya sebaik apapun proses yang dilakukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan, apabila inputan yang didapatkan tidak berkualitas, maka hasil kerjanya juga akan kurang maksimal.

    Produktivitas kerja (dalam perspektif individual) adalah suatu konsep yang menunjukkan adanya keterkaitan antara input, proses, dan output dalam pelaksanaan suatu pekerjaan yang diukur melalui satu satuan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu hasil kerja (output). Jadi parameter untuk mengetahui seberapa besar tingkat produktivitas kerja dalam organisasi dapat diukur melalui berapa banyak input yang didapat, bagaimana proses yang dilakukan, dan seberapa besar output yang dihasilkan. Seorang pegawai dikatakan produktif jika ia mampu menghasilkan keluaran (output) yang lebih banyak dari pegawai lain untuk satuan waktu yang sama. Jadi bila seorang pegawai mampu menghasilkan produk sesuai dengan standar yang telah ditentukan dalam satuan waktu yang lebih singkat, maka pegawai tersebut menunjukkan tingkat produktivitas yang lebih baik atau lebih tinggi. Atau dalam kalimat lain, produktivitas kerja dapat dipahami sebagai sejauh mana efektivitas dan efisiensi dapat dicapai dalam proses penyelesaian suatu pekerjaan.

    Pertanyaan saya, apa saja yang mempengaruhi produktivitas kerja?
    Teori apa saja yang mendukung? Bagaimana korelasi antara pendidikan, pelatihan, dan pengalaman kerja terhadap produktivitas kerja?


    Atas perhatian dari bapak saya ucapkan banyak terima kasih.
    Wassalam Wr. Wb.

    ReplyDelete
  8. totok sugiarto, terimakasih. Secara garis besar, ada 2 faktor utama yang berhubungan dengan produktivitas, yaitu: faktor organisasi dan faktor individu. Sementara itu, tingkat produktivitas kerja seseorang dapat diukur melalui berapa banyak input yang didapat, bagaimana proses yang dilakukan, dan seberapa besar output yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  9. Kalau dilihat dari perilaku antara orang dengan kepuasan kerja tinggi dan motivasi kerja tinggi bisa dikatakan sama. apa sih karakteristik yang membedakan antara kedua teori tersebut?
    Tolong bantu ya =) terima kasih

    ReplyDelete
  10. Trian, terimakasih. Awalnya adalah motivasi kerja yang menentukan kinerja seseorang. Agar pegawai dapat bekerja dengan baik, maksimal dan memiliki motivasi yang tinggi sangat berhubungan dengan kepuasan kerja. Untuk kepuaasan kerja anda bisa baca respon saya untuk hani.

    ReplyDelete
  11. assalamalaikum.pa saya mahasiswa s1 keperawatan saya sedang munyusun skripsi ttg hub kondisi kerja dengan kinerja perawat.mhon bantuannya utk referensi buku mau pun jurnal2 atau pun tulisan bapak yg sdh ada, tp luput dari pencarian saya ttg kondisi kerja dan variabel2ny.mohon dikirim ke e-mail saya.trimakasih atas bantuanya.

    ReplyDelete

Membangun kinerja karyawan atau organisasi, dapat dilakukan melalui evaluasi kelembagaan, analisis sistem, instrumentalisasi dan pelembagaan. Jika anda tertarik untuk melakukannya di instansi atau lembaga anda, dapat berdiskusi atau mengundang untuk membantu dalam: penelitian, pendampingan, ceramah dan konsultasi. Untuk berkomunikasi, anda dapat menuliskan pesan atau komentar, di bawah posting artikel. Terimakasih.





Peta Situs

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.