Thursday, September 27, 2007

MENYUSUN STANDAR KINERJA KARYAWAN: Respon untuk Sausan

Untuk menetapkan tingkat kinerja karyawan, dibutuhkan penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang adil membutuhkan standar. Patokan yang dapat digunakan sebagai perbandingan terhadap kinerja antar karyawan. Menurut Simamora (2004), semakin jelas standar kinerjanya, makin akurat tingkat penilaian kinerjanya. Masalahnya, baik para penyelia maupun karyawan tidak seluruhnya mengerti apa yang seharusnya mereka kerjakan. Karena bisajadi, standar kinerja tersebut belum pernah disusun.Oleh karena itu, langkah pertama adalah meninjau standar kinerja yang ada dan menyusun standar yang baru jika diperlukan.
Banyak hal yang dapat diukur untuk menentukan kinerja. Banyak literatur, menyebutkan bahwa kinerja merupakan keterkaitan unsur motivasi, kemampuan individu, serta faktor organisasi, yang menghasilkan perilaku.

Perilaku (behavior) merupakan proses cara seseorang mengerjakan sesuatu. Perilaku merupakan sebuah unsur yang menjadi pusat perbedaan manusia antar individu. Dalam pekerjaan, dapat dibayangkan jika tanpa perilaku, pasti tidak akan ada produksi yang dihasilkan. Perilaku merupakan kata kunci, sebab dalam pekerjaan sangat banyak perilaku yang muncul yang menyebabkan sebuah hasil tertentu. Perilaku dapat diobservasi yang memungkinkan kita dapat membetulkan, menjumlah dan menilai dan selanjutnya kita dapat mengelolanya.
Apa yang akan terjadi, jika seorang manajer menaruh perhatiannya hanya pada pengelolaan hasil saja? Tidak akan selalu efektif, karena perilaku merupakan bagian dari keseluruhan proses dan hasil itu adalah keluaran dari perilaku.
Perilaku yang tepat akan membuahkan hasil yang merefleksikan gabungan upaya banyak individu. Perilaku mencerminkan usaha seseorang untuk melakukan sesuatu. Sementara itu, karakteristik individu menunjukkan penyebab perilaku.

Standar kinerja
Minimal sebuah standar kinerja, harus berisi dua jenis informasi dasar tentang apa yang harus dilakukan dan seberapa baik harus melakukannya. Standar kinerja merupakan identifikasi tugas pekerjaan, kewajiban, dan elemen kritis yang menggambarkan apa yang harus dilakukan. Standar kinerja terfokus pada seberapa baik tugas akan dilaksanakan.
Agar berdaya guna, setiap standar/kriteria harus dinyatakan secara cukup jelas sehingga manajer dan bawahan atau kelompok kerja mengetahui apa yang diharapkan dan apakah telah tercapai atau tidak. Standar haruslah dinyatakan secara tertulis dalam upaya menggambarkan kinerja yang sungguh-sungguh memuaskan untuk tugas yang kritis maupun yang tidak kritis.
Hal ini dikarenakan bahwa tugas pekerjaan dan standar kinerja saling berkaitan, adalah praktik yang lazim mengembangkannya pada waktu yang bersamaan. Apapun metode analisis pekerjaan yang digunakan haruslah memperhitungkan aspek kuantitatif kinerja. Lebih lanjut, setiap standar harus menunjuk pada aspek spesifik pekerjaan.
Tampaknya lebih mudah mengukur kinerja terhadap standar yang dapat digambarkan dalam istilah kuantitatif. Sungguhpun demikian, pekerjaan manajerial memiliki sebuah komponen tambahan. Yaitu, disamping hasil yang merefleksiksn kinerja manajer itu sendiri, hasil yang lainya mencerminkan kinerja unit organisasional yang menjadi tanggung jawab manajer bersangkutan.
Dari beberapa literatur yang saya baca, kemudian saya gabung-gabungkan dengan pengalaman melakukan penyusunan standar kinerja di sebuah unit/instalasi di Rumah Sakit, saya berikan contoh lembar penilaian kinerja. Semoga dapat menjadi inspirasi.

UNSUR PENILAIAN KINERJA HASIL PENILAIAN
Rendah Sedang Tinggi

KARAKTERISTIK INDIVIDU
Keahlian
Pengetahuan kerja
Kepemilikan sertifikat/ijin keahlian
Kemampuan
Kekuatan fisik
Koordinasi anggota badan dlm bekerja
Kemandirian
Kebutuhan
Hasrat untuk berhasil
Kebutuhan sosial
Sikap
Kejujuran
Loyalitas
Kreativitas
Kepemimpinan

PERILAKU
Pelaksanaan tugas pokok (berdasarkan identifikasi dan elemen kritis pekerjaan)
Menjelaskan produk kepada calon pembeli
Menjual produk
Melakukan pengepakan dan pengiriman
Menanggapi komplain dan keluhan
Mematuhi perintah
Melaporkan masalah
Merawat perlengkapan
Membuat catatan pekerjaan
Mengikuti peraturan
Hadir secara teratur
Memberi saran

HASIL
Jenis/kuantitas Produk
Nilai jual Produk
Tingkat Produksi
Pelanggan yang dilayani
Kualitas Produksi

Efektivitas penggunaan bahan
Efektivitas penggunaan alat
Tingkat keselamatan kerja
Kepatuhan terhadap prosedur
Kepuasan pelanggan

69 comments:

  1. wah baru tahu da blog yg cocok dengan saya. oya pak cokro, bagaimana budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja ?. saya agak bingung. kan budaya organisasi adalah cara bersikap menurut masing2 organisasi. tapi ada teori dari robbin bahwa nilai inti /karakteristik budaya organisasi adl 1. novasi dan
    1. keberanian mengambil resiko.
    2. Perhatian terhadap detail.
    3. Berorientasi pada hasil.
    4. Orientasi orang.
    5. Berorientasi tim
    6. Keagresifan
    7. Kemantapan

    gmana nih, mohom pertolongan, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Selamat Siang, Pa Cokro..
    Saya mahasiswa perguruan tinggi di Bandung yang sedang menjalani tugas akhir. Tugas akhir saya tentang pengaruh Kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan di suatu perusahaan.

    Sekarang saya sedang kesulitan untuk membuat variabel kinerja karyawan,Pa. Di "Respons untuk Sausan", ada karakteristik kinrja karyawan yang meliputi keahlian, kemampuan, kebutuhan, sikap..Pa Cokro telah mendapat karakteristik kinerja karyawan meliputi 4 hal di atas, kalau boleh saya tahu buku apa yang pa Cokro telah baca?Saya ingin sekali membaca buku tentang Hal tersebut, tetapi sampai sekarang saya kesulitan untuk mencarinya..
    Dosen pembimbing saya mengatakan ada "Di dalam kinerja karyawan itu ada kemampuan, kesempatan, dan motivasi". Saya juga mendapat kesulitan untuk mencari kajian teori tantang ketiga hal tersebut, yang nantinya akan di kembangkan menjadi pertanyaan-pertanyaan di kuesioner.

    Apakah pa cokro, mempunya referensi buku apa yang harus saya baca?..
    Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih aria, responnya. Untuk artikel yang anda maksud, saya ambil dari beberapa sumber, baik online maupun bahasan dalam buku MSDM diantaranya tulisan Henry Simamora. Sedangkan untuk artikel online coba buka website SPEC untuk standar kinerja korporasi sedangkan untuk penilaian kinerja pegawai anda bisa buka website ETSU

    ReplyDelete
  4. Thx ya mas... atas artikel2nya....agak ga nyambung dengan topik ini ...apa sie bedanya gaya dan perilaku kepemimpinan ?????
    thx ya mas

    ReplyDelete
  5. Tari terimakasih komentarnya. Perilaku kemimpinan merupakan sederet kewenangan yang dimiliki dan harus dilaksanakan oleh seorang pemimpin atau manajer. Namun perilaku kepemimpinan itu akan dilakukan oleh masing-masing pemimpin dengan pendekatan yang tidak mesti sama. Itulah gaya (style) kepemimpinan. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. ass pak
    saya mahasisiwi yang baru mau TA, judul TA Saya Perancangan sistem penilaian unjuk kerja karywana di PT X, nah mohon bimbingannya pak, saya butuh contoh formulir standar baku penilaian prestasi karywan pada suatu perusahaan. trimakasih

    ReplyDelete
  7. Anggia, terimakasih. Membaca rencana TA anda, maka lebih banyak eksploratif. Artinya, sistem penilaian kinerja karyawan didasarkan pada hasil kajian elemen2 kritis pekerjaan, yang ada di dalam perusahaan. Untuk ini, anda perlu landasan teori atau kajian tentang standar kinerja dan sistem penilaianya. Untuk standar penilaian, anda dapat memanfaatkan bahasan dalam topik ini. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. terimaksih pak, iya saya memamg harus lebih ber eksploratif dan memperhatikan elemen kritis tentang PUK yang bapak, apakah buku berjudul "evalusai kinerja SDm" karangan mangkunegara mendukung untuk TA saya? terus apa buku referensi tentang lebih detail nya tentang sistem penilaian kerja?terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Anggia, untuk menulis ilmiah dibutuhkan banyak bahan/buku. Jangan hanya terpaku pd satu buku. Kita juga perlu hasil-hasil penelitian terdahulu, untuk mendukung konsep yg kita bahas. Sehingga untuk bahan menulis atau untuk tinjauan teori, kita perlu banyak baca berbagai sumber, dapat berupa buku, jurnal/majalah ilmiah, browsing internet dll. Demikian anggia, semoga bermanfaat. Selamat membaca.

    ReplyDelete
  10. Mohon bantuannya untuk contoh formulir KPI dan cara pengisiannya, terimakasih

    ReplyDelete
  11. chairul razak, terimakasih pertanyaannya. Agar saya dapat menjawab, mohon dijelaskan apa itu KPI?

    ReplyDelete
  12. sore pa.
    saya ingin membuat skripsi dengan judul
    kepuasan pelanggan terhadap kinerja karyawan PT (BUMN)
    hal - hal apa saja dan data apa yang perlu saya cari untuk mendukung judul ini pa?

    ReplyDelete
  13. Ari, trimakasih. Anda musti tetapkan dulu, mana yg jadi variabel bebas dan terikatnya. Lakukan penelusuran pustaka/teori ttg kedua variabel tsb. Jangan lupa, terus konsultasi dg pembimbing. Semoga sukses.

    ReplyDelete
  14. Pak, tolong berikan contoh kuesioner tentang cara penilaian kinerja karyawan.... tolong ya...

    ReplyDelete
  15. Wisnu, Alat ukur untuk
    mengukur kineja karyawan, mestinya ya menggunakan standar kinerja.Jika belum ada -anda dpt menyusunnya. untuk ini anda dapat buka di http://cokroaminoto.wordpress.com/2007/09/28/menyusun-standar-kinerja-karyawan-respon-untuk-sausan/

    ReplyDelete
  16. Pagi pak Cokro,

    Saya mau tanya, kalo peranan sistem teknologi informasi dapat mempengaruhi kinerja dari pegawai dalam suatu perusahaan tidak? apabila Bapak mempunyai referensi mengenai ini, saya mohon dibantu, saya sedang kesulitan dalam menyusun penelitian akhir saya, terutama dalam teori.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Rijal, terimakasih. Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai secara garis besar ada 2 kelompok besar, yaitu: faktor individu dan organisasi.Teknologi informasi termasuk dalam variabel organisasi, yang tersusun sebagai sub sistem informasi manajemen.
    Sementara itu, berbicara sistem informasi manajemen mempunyai sub-sub sistem di dalamnya, yang menyajikan data informasi tentang kondisi2, sumber daya, output program dan informasi lain tentang upaya organisasi, sebagai bahan pengambilan keputusan. Sehingga sub sistem informasi manajemen meliputi proses informasi dan struktur manajemen. Dari aspek proses informasi mencakup pengumpulan data, transmisi, proses dan analisis.
    Inilah yang saya sebut, bahwa keberadaan teknologi informasi itu sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Sederhananya, dengan teknologi informasi yang memadai, akan memungkinkan seorang pegawai menyelesaikan sejumlah pekerjaannya lebih optimal.
    Kiranya demikian semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  18. boleh saya minta contoh kuesioner untuk penelitian untuk tesis tentang motivasi karyawan terhadap suatu program di perusahaan? trimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  19. Woro, terimakasih. Kuesi0ner motivasi tidak begitu xulit untuk dikembangkan. Fokuslah pada variabel penelitian, tetapkan indikatornya bberdasarkan tinjauan pustaka.
    Banyak peneliti terjebak menggunakan kuesioner dari penelitian lain. Alhasil, tidak memuaskan, karena meskipun sama variabelnya, belum tentu sama indikator.
    Demikian, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. Malam Pak. Cokro,

    Saya sedang menyusun skripsi ttg hubungan kompensasi dgn kinerja, yg saya mau tanyakan bagaimana mengukur kinerja karyawan itu, apakah ada cara2 tertentu, atau saya boleh tahu metode pengukurannya seperti apa?

    ReplyDelete
  21. Suchi, terimakasih. Kalau di lokasi penelitian anda sudah ada standar kinerja yg digunakan, maka dpt dipakai sebagai acuan. Jika belum, maka artikel di site ini dpt menjadi pedoman dasar.
    Beberapa sumber dpt jadi referensi, baik online maupun buku-buku MSDM diantaranya tulisan Henry Simamora. Sedangkan untuk artikel online coba buka website SPEC untuk standar kinerja korporasi sedangkan untuk penilaian kinerja pegawai anda bisa buka website ETSU yg tersedia di blogroll website ini.
    Penilaian Kinerja pegawai pd akhirnya dpt dikelompokkan ke dalam tingkatan rentang nilai (ordinal) atau dalam hasil bilangan penjumlahan antar faktor (rasio). Untuk topik kompensasi, saya pernah membahasnya. Coba lihat di http://cokroaminoto.wordpress.com/2007/10/26/beberapa-catat…berian-imbalan/
    Demikian, semoga bermanfaat. Salam

    ReplyDelete
  22. ass. pak bisa tolong beri informasi mengenai indikator2 yang mempenggaruhi ekspektasi kinerja. dan kalau ada beberapa referensi mengenai minat pemanfaatan sistem informasi (akuntansi). terimaksaih

    ReplyDelete
  23. Yani, terimakasih. Teori kinerja banyak sesuai dengan bahasan teori ekspektansinya Vroom. Sementara teori minat dan pilihan2 banyak dikaji dalam teori minatnya Holland. Sedangkan kalau itu sebuah proses belajar, banyak dibahas dalam teori belajarnya CG Young. Untuk artikel dan sumber bacaan tentang 'minat' di internet, anda dapat kunjungi http://faizperjuangan.wordpress.com/2008/02/12/teori-pilihan-karir-menurut-john-l-holland-sebuah-tugas-kuliah/
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. terimakasih atas jawaban yang bapak berikan. maksud saya minat pemanfaatan sistem informasi akuntansi pada perusahaan. apakah ada artikel nya. yang berhubungan.terima kasih

    ReplyDelete
  25. Yani, terimakasih. Untuk ini anda bisa kunjungi website http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/request.php?PublishedID=AKU07090204

    ReplyDelete
  26. ass.wr.wb.

    selamat sore pa..

    saya mau tanya..tentang PERANAN PEMERIKSAAN INTERN DALAM USAHA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN,itu ada jurnal ato buku2nya ga...
    masalahnya judul tersebut kebetulan menjadi bahan skripsi saya...
    sedangkan saya kurang mendapatkan bahan2nya...

    kalo boleh saya minta bantuanya dan tolong kirim ke alamat email saya.
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  27. Sherli, terimakasih. Pengawasan internal (Internal auditing) adalah kegiatan pengawasan oleh organisasi sendiri dalam rangka meningkatkan pencapaian tujuan-tujuan organisasi. Dengan menggunakan teknik dan metode yang sistematis untuk melakukan kajian atas proses-proses bisnis atau masalah-masalah yang dihadapi organisasi serta memberikan rekomendasi perbaikan atas temuannya.
    Untuk sumber di internet anda dapat klik wikipedia melalui menu Blogroll yang tersedia di website ini.
    Demikian, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  28. PAK.??? MINTA ISIKAN WAEB nya TENTANG KINERJA KARYAWAN BUAT EFRENSI

    ReplyDelete
  29. el bedzy, terimakasih. Lho bukankah sdh banyak tulisan2 saya tentang kinerja karyawan disini. Inipun dpt anda jafikan referensi. tinggal anda cantumkan sumbernya. untuk ini anda dapat menuliskan alamat URLnya. Sebagai contoh untuk artikel ini sumbernya adalah http://cokroaminoto.wordpress.com/2007/09/28/menyusun-standar-kinerja-karyawan-respon-untuk-sausan/#comment-427

    ReplyDelete
  30. Urat H SimanjuntakJuly 27, 2008 at 7:36 AM

    Pak, saya lagi nyusun tesis tentang produktivitas perawat. Produktivitas perawat saya ukur melalui kinerjanya. Cuma masalahnya saya belum mendapatkan referensi tentang bagaimana menghubungkan produktivitas dengan kinerja. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Urat H Simanjuntak, terimakasih. Produktivitas kerja seringkali dihubungkan dengan faktor-faktor gaji, lingkungan kerja, dan kesempatan berprestasi.
    Untuk menghubungkan dengan kinerja karyawan, pastilah anda tetapkan dulu standar kinerjanya. Nanti akan diperoleh informasi bahwa karyawan itu akan masuk pada kelompok/tingkat kinerja yang mana? Jika sudah, mana lagi yang masih sulit?
    Demikian, Urat H Simanjuntak, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  32. Bagaimana menurut bapak dengan Teori karakteristik Individu oleh Stephen P. Robbins dalam buku Perilaku Organisasi. Apakah Jenjang atau Tingkatan Pendidikan juga termasuk dalam karakteristik Individu atau Karakteristik Biografis?

    ReplyDelete
  33. dhan, terimakasih. Anda benar pendidikan termasuk karakteristik individu. Selain itu, Robbins juga memberikan 7 karakteristik budaya organisasi yaitu: (1)Inovasi dan keberanian mengambil resiko
    (2) Perhatian terhadap detail
    (3) Berorientasi pada hasil
    (4) Berorientasi kepada manusia
    (5) Berorientasi pada tim
    (6) Agresivitas
    (7) Stabilitas
    Nah, perilaku organization merupakan proses interaksi antara karakteristik individua dg karakteristik organization.
    Demikian, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  34. Yth. Pak Cokro

    Pak saya lagi mau buat Standar kinerja bagi unit kerja di insansi pemerintah, tolong hal apa saja yang harus ada/distandarkan, tlg kasih contoh formulir2 untuk penuangan uraian kegiatan dan target2 yang harus dicapai dlm suatu kegiatan, baik kuantitatif, maupun kualitatif, trimakasih

    ReplyDelete
  35. Hidayat, terimakasih. Tulisan saya yg anda baca ini, merupakan prinsip dasarnya. Prinsip, utk ini kita harus melakukan kajian atas elemen kritis dari sebuah unit. Berapa dan bagaimana outputnya, serta bagaimana output itu harus diwujudkan, tahap apa yg hrs dilakukan, dan dibutuhkan tenaga seperti apa. itulah element kritis itu.

    ReplyDelete
  36. Ass.
    pak Cokro,
    Saya lg menyusun standar pelayanan minimal kinerja pegawai negeri sipil.
    faktor-faktor apa saja yang sangat berpengaruh terhdapa kinerja pegawai khususnya pegawai negeri sipil.tolong berikan contoh standar penilaian kinerja beserta dengan nilai-nilai kuantitatif yg bs ditetapkan.

    ReplyDelete
  37. Bimo, terimakasih. Tulisan saya yg anda baca ini, merupakan prinsip dasarnya dan saya mencontohkannya standard kinerja untuk staff yg melayani penjualan. Prinsip, utk ini kita harus melakukan kajian atas elemen kritis daritugas seorang staff/pegawai. Berapa dan bagaimana outputnya, serta bagaimana output itu harus diwujudkan, tahap apa yg hrs dilakukan, dan dibutuhkan tenaga seperti apa. itulah element kritis itu.

    ReplyDelete
  38. Pak tolong carikan Referensi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja menurut simamora tahun 2005. terimah kasih

    ReplyDelete
  39. Referensi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja menurut simamora tahun 2005, dapat dibaca di bukunya MMSDM.

    ReplyDelete
  40. Selamat Siang Pak,

    Saya punya tugas untuk mencari metode atau alat ukur yang dapat menilai kinerja karyawan secara kuantitatif.Tolong dong Pak dijelaskan metode tersebut dan apakah ada buku yang membahas dan memberikan contoh terinci mengenai hal tersebut?Kalau ada apa judulnya Pak?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  41. pak cokro yg terhormat

    Saya sedang menyusun skripsi yg berjudul "Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. x". Saya sedang kebingungan mencari data tentang kinerja karyawan(Y) pada PT.x tersebut...kira2 menurut bapak data yang harus saya minta dari perusahaan tersebut data yang bagaimana dan apa saja??dosen pembimbing saya menginginkan saya menghitung menggunakan korelasi untuk data2 tsb.sedangkan untuk stres kerja(X),saya akan menggunakan kuesioner sebagai sumber data..dan untuk kuesioner tsb saya menggunakan Rank Spearman untuk penghitungan..menurut bapak bagaimana agar saya dapat menggabungkan ke dua variabel tsb dan dapat mengetahui berpengaruh tidaknya stres kerja terhadap kinerja karyawan PT.x tsb???

    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  42. Nova, terimakasih. Untuk aspect kinerja anda bisa gunakan tulisan saya ini. Tulisan tsb saya mengambil dari beberapa sumber. Untuk sumber online lainnya dlm bahasa inggris, anda bisa kunjungi website SPEC, melalui menu link/blogroll.
    Semoga

    ReplyDelete
  43. Lingga, terima kasih. Untuk aspect kinerja anda bisa gunakan tulisan saya ini. Tulisan tsb saya mengambil dari beberapa sumber. Tinggal anda menyusunnya kedalam kuasioner.
    Kalau mengacu penjelasan anda, saya rasa judul skripsinya lebih tepat Hubungan stress dg kinerja, bukan pengaruh. Sehingga benar, dosen anda menyarankan untuk menggunakan uji korelasi antar kedua variable. Untuk jenis uji korelasinya, Lingga jangan terburu2 menetapkannya (spearman rank). Disesuaikan dg skala pengukuran datanya. Jika datanya nominal, anda gunakan koefisien kontingensi, jika ordinal anda dpt menggunakan sp rank atau kendall tau, jika datanya interval atau rasio, anda dpt menggunakan uji pearson product moment.
    Demikian semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. selamat siang pak Cokro, saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya dengan tema analisis pengaruh effort, support, ability dan security terhadap kinerja karyawan pada perusahaan perparkiran saya mau tanya kepada bapak mengenai buku yg membahas tentang effort, support, dan ability dari topik saya.atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih . . . .

    ReplyDelete
  45. Effendi, terimakasih. Untuk topik yang anda maksud, dapat dibaca buku Organizational Behavior By Linda K. Stroh, Gregory B. Northcraft, Margaret Ann Neale. Merujuk Expectancy Theory, pada tingkat kinerja yang lemah akan dapat diperbaiki jika unsur personal effort, support dan abality ditingkatkan.

    ReplyDelete
  46. Pak Cokro Yth,
    Terima kasih atas referensinya.........
    apakah ada buku atau sumber lain atau jurnal yang membahas Usaha karyawan, kemampuan karyawan dan dukungan perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan yang berbahasa Indonesia. Sekali lagi Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  47. Effendi, terimakasih. Sumber bacaan dalam bahasa indonesia yang membahas Usaha karyawan, kemampuan karyawan dan dukungan perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, banyak dibahas dalam buku-buku MSDM. Kurang pas, kalau saya menyebut judul buku tertentu. Selamat belajar.

    ReplyDelete
  48. thanks pak cokroaminoto

    ReplyDelete
  49. yth pak Cokro.. wah.. blog nya berguna skali utk saya, cuma sy juga lg bingung, saya dapt tugas untuk mengukur kinerja staff di bawah saya, yang baru kali ini mulai diukur.. cuma untuk mulai mengukur dan mensosialisasikannya bahwa kinerja mereka mulai diukur gimana ya paK.. karena usia mereka juga jauh diatas saya.. trims.

    ReplyDelete
  50. pak cokro saya mau tanya menurut bapak jenis2 kinerja itu apa??terima kasih pak....

    saya baru [ertama kali post.
    trims....

    ReplyDelete
  51. Jojo, terimakasih. Kinerja atau Performance akhir2 ini digunakan dalam banyak aspek/bidang kajian, untuk mendeskripsikan unjuk kemampuan atau performa.
    Dalam management, dibahas kinerja individual/pegawai dan kinerja organisasi.

    ReplyDelete
  52. pak indikator kinerja karyawan tu apa aja? makasih

    ReplyDelete
  53. siang pak...salam kenal...
    sy mhsiswi PSI, sya sedang membuat skripsi yang berjudul hubungan budaya organisasi dengan kinerja karyawan pada Bank X. yang ingin sy tanyakan, apakah ada hubungan antara budaya organisai dengan kinerja karyawan??karna jujur sy agak ragu untuk meneliti ini, mohon bantuannya... sekaligus jika bapak punya refrensi mengenai hal ini tolong kasih tau sy ya pak..
    thank's a lot....

    ReplyDelete
  54. pak..
    saya Agus mahasiswa fakultas ekonomi,
    gini pak, saya ada tugas disuruh nyari contoh "kuesioner tentang kepuasan kerja.."
    saya kesulitan pak dalam mencari contoh nya, kalau boleh.. boleh ngga saya minta bantuan bapa???
    Tolong ya pak.......??????

    ReplyDelete
  55. agoes, terimakasih. Kuesioner tentang kepuasan kerja karyawan pada dasarnya mirip dengan survei-survei yang dilakukan pada studi sosial lainnya, termasuk kepuasan pelanggan. Ada faktor-faktor yang dipelajari, dan masing-masing faktor tersebut disertai dengan beberapa pertanyaan dengan skala tingkat kepuasan dari terendah sampai tertinggi.
    Untuk itu, paling tidak, anda mengetahui apa saja faktor yang terkait. Sebagai bahan, anda dapat baca tulisan saya tentang Kepuasan Kerja
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  56. selamt malam pak.
    saya mahasiswi semester akhir.kebetulan saya menambil tugas akhir yang brhubungan dengan kinerja karyawan.saya mau tanya apakah prosedur rekrument berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

    apakah bapak bisa memberikan saya referensi bukunya.
    sbelumnya trima kasih.........

    ReplyDelete
  57. tiara, terimakasih. Ada tidaknya hubungan dua variable dlm penelitian, adalah bukan urusan kita. Penelitian dibangun karena adanya fenomena problematik.
    Dlm kasus tiara, apakh ada fenomena problematik antara rekruitmen dg kinerja? Jika ada, masalahnya dimana, selanjutnya kita cari jawabanya melalui penelitian.
    Demikian semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  58. siang pak cokro,, aq mo tanya sikit bole? gimana hubungan antara penggunaan sistim informasi dengan kinerja? apakah itu ada hubungannya dengan kemampuan teknis yang dimiliki karyawan? oya kalo boleh kasih tau saya tentang teori kemampuan teknis, ada buku referensi yang bagus untuk saya baca gak?? thank alot b4 ya,,

    ReplyDelete
  59. pak..saya mahasiswi psikologi,saat ini saya sedang menyusun skripsi ttg pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan,apakah bapak memiliki data2 atau kuesioner mengenai kinerja karyawan..
    terima kasih

    ReplyDelete
  60. ella, terimakasih. Seperti yang saya kutip dari Gibson, bahwa ada 3 kelompok variabel yang mempengaruhi kinerja, yaitu: variabel motivasi, kemampuan dan organisasional. Seperti respon saya untuk Zaenul.
    Dalam hal ini Kemampuan teknis itu merupakan bagian dari variabel kemampuan. Sedangkan keberadaan sistem informasi itu merupakan bagian sarana/metode kerja yang disediakan oleh organisasi.

    ReplyDelete
  61. eka, terimakasih. Anda bisa baca tulisan saya respon untuk Zaenul.

    ReplyDelete
  62. maaf pak..
    sy Zaky, mahasiswa yg sedang menyusun skripsi.
    sy masih bingung tentang standar kinerja / standarisasi kinerja.
    bagaimana pengertian/definisi standarisasi itu pak?
    di buku mana sy bs dapatkan referensi nya?
    sy ingin menyusun ttg standar kinerja suatu organisasi, namun sy hrs paham terlebih dulu ttg "standarisasi" tersebut.

    terima kasih pak..

    ReplyDelete
  63. Selamat sore pak...
    Mohon bantuan dari bapak karena saya saat ini sedang melakukan penelitian. Apakah bapak punya referensi tentang kuesioner kinerja menurut teori Miner. Sebenarnya untuk kuesionernya ada berapa variabel dan berapa pertanyaan. Semoga bapak berkenan membantu saya.
    Terima kasih pak...

    ReplyDelete
  64. pak cokro, terima kasih atas balasannya, rubrik ini sangat bermanfaat bagi saya, terutama respon untuk sausan dan respon untuk zaenul yang bapak kemukakan.
    oya ya apakah bisa di teliti analisis penggunaan sistem informasi dan kemampuan teknis terhadap kinerja karayawan? apakah model kesuksesan Delone Mc lean dapat dijadikan acuan dalam penelitian tersebut?

    terima kasih sebelumnya atas respon yg akan bapak berikan nantinya.

    ReplyDelete
  65. Zaky, terimakasih. Standar dapat dimengerti sebagai target atau batas yang harus dicapai. Standar kinerja berisi uaraian target kinerja seseorang. Standaraisasi merupakan proses penetapan standar.

    ReplyDelete
  66. Met Pagi Pak Cokro,
    Saya Sutadi, Kerja di Bag Pembinaan Pendidikan dan pelatihan Polda Sultra. Saya mohon saran bagaimana menyusun format/tabel yang jelas dan baik untuk membuat/merancang standar kinerja.

    Demikian diucapkan terimakasih & salam hormat.

    ReplyDelete
  67. sutadi, terimakasih. Tabik pak. Mungkin yang anda maksud adalah matrik. Format penulisan Matrik, grafik atau tabel pada dasarnya ketentuannya hampir sama. Informatif dan memiliki sifat 'self-explanation. Informatif artinya sebuah tabel jelas akan apa, dimana-nya. Self-explanation, bahwa tabel mampu 'bercerita' dan mudah difahami tentang paket data dalam tabel itu.

    ReplyDelete
  68. irwin adi subandiMay 18, 2010 at 4:30 AM

    Selamat sore pak...
    Mohon bantuan dari bapak karena saya saat ini sedang skripsi.
    faktor faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan apa saja,tapi dengan penjelasannya setiap indikatornya, sama penjelasan pengertian kinerja menurut teory.teory dr penjelsan kinerja harus sm dengan faktor yang mempengaruhinya.semoga bapak berkenan membantu sata.iwink_86@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Membangun kinerja karyawan atau organisasi, dapat dilakukan melalui evaluasi kelembagaan, analisis sistem, instrumentalisasi dan pelembagaan. Jika anda tertarik untuk melakukannya di instansi atau lembaga anda, dapat berdiskusi atau mengundang untuk membantu dalam: penelitian, pendampingan, ceramah dan konsultasi. Untuk berkomunikasi, anda dapat menuliskan pesan atau komentar, di bawah posting artikel. Terimakasih.





Peta Situs

Selamat Datang. Ini adalah ruang publik, untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bersama saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di wordpress.com atau blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.